Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an

Alamat
1) Pesantren Taruna Al Qur’an
Jl. Lempongsari 4A Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581
Telp 0274 884009
Fax 0274 884008

2) Pesantren Asy Syifa’ Muhammadiyah
Jogodayoh Sumbermulyo Bambanglipuro
Bantul DIY 0274 368 233

3) Pesantren Taruna Al Qur’an II
Trabiyytul Muallimin Al Islamiyyah (TMI)
Kembaran RT 04 Tamantirto Kasihan Bantul DIY
08522 7231 361

-

Jenjang Pendidikan dan Kapasitas Siswa

  1. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Putri : 40 orang.
  2. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Putra di Asy Syifa Bantul : 40 orang
  3. Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyah (MTs putra plus Tahfid Al Qur’an) di Kasihan, Bantul : 30 orang
  4. Takhasus Putri (Matrikulasi untuk masuk ke jenjang MA) : 20 orang

-

Syarat Pendaftaran

  1. Mengisi fomulir pendaftaran
  2. Fotokopi ijazah terakhir (SD/SMP/MTs)
  3. Bagi lulusan SMP, menyertakan Surat Keterangan Kelakukan Baik dari sekolah asal
  4. Fotokopi akte kelahiran
  5. Surat keterangan izin orang tua
  6. Surat keterangan sehat dari dokter
  7. Menandatangani surat keterangan pengabdian selama 2 tahun
  8. Pas foto 2×3 4 lembar dan 3×4 4 lembar

-

Fasilitas Pendidikan

  1. Masjid
  2. Bebas uang SPP. Bagi yang mau membayar infak, dipersilakan.
  3. Ruang kelas yang representatif
  4. Asrama gratis
  5. Makan sehari 3 kali gratis
  6. Kantin dan Wartel
  7. Wahana pembelajaran dan pelatihan keterampilan : peretakan, penerbitan, majalah, koperasi, penyelenggaraan haji umrah, dll.

-

Star Pengajar Berasal Dari

  1. Lulusan Perguruan Tinggi Timur Tengah : Universitas Islam Madinah, Universitas Al Azhar Mesir
  2. Lulusan Perguruan Tinggi Indonesia : UGM, LIPIA Jakarta, UIN Sunan Kalijaga, UNY, UMY, STIQ, STAIN
  3. Lulusan Pondok Pesantren di Indonesia

-

Waktu Pendaftaran
1 April 2008 – 10 Juli 2008
Setiap hari kerja pukul 08.00 – 16.00

-

Agenda Sekolah
11 Juli 2008 : Pembagian atribut tes
12 Juli 2008 : Tes aqidah akhlak dan ibadah
13 Juli 2008 : Tes baca tulis Al Qur’an
14 Juli 2008 : Tes wawancara
15 Juli 2008 : Tes kemampuan menghafal Al Qur’an (Khusus untuk calon santri PP Taruna Al Qur’an II Gunungsempu)
16 Juli 2008 : Pengumuman calon santri yang diterima
17-18 Juli 2008 : Masa orientasi santri baru Tahun 1429/1430 H
19 Juli 2008 : Hari pertama belajar

-

Apa Kata Mereka
“Saya sangat senang mengikuti pendidikan sdi PP Taruna Al Qur’an karena saya dibimbing untuk terus mencintai Al Qur’an, menghafalkannya, sekaligus mengamalkannya sesuai dengan pemahaman shalafus shalih”
(Jawis, Hafid Al Qur’an kelas 32 MTs, asal Bantul)

“Saya merasakan pendidikan di PP Taruna Al Qur’an sangat baik untuk membentuk kepribadian muslimah yang shalihah sebab di PP Taruna Al Qur’an saya banyak diajarkan tentang Al Qur’an dan As Sunah sebagai pegangan hidup untuk meraih kebahagiaan”
(Asmi, Kelas 1 Aliyah, asal Sukoharjo Jawa Tengah)

“Alhamdulillah di PP Taruna Al Qur’an saya mendapatkan begitu banyak ilmu dan pengalaman. Selain diajarkan tentang Al Qur’an dan As Sunah, santri-santri pun dididik dengan berbagai mecam keterampilah sehingga kita dapat bersaing dengan para lulusan dari sekolah umum di dunia kerja”
(Ust. Abdul Wahid, Marketing Manajer PT. Nur Ramadhan Wisata)

About these ads

40 Tanggapan

  1. saya salah seorang mahasiswi di UMY,asal saya dari kalimantan barat Pontianak,saya mempunyai adik perempuan yang ingin masuk sekolah taruna Al-qur’an di jogya.Dengan keterangan di atas mungkin kami selaku perantau dari kal-bar merasa di ringankan oleh biayanya.Namun yang ingin saya tanyakan apakah ini 100% gratis atau apakah ada biaya lain yang harus di bayar ?saya harap ad ketengan lebih lanjut tentang ini.sebelumnya trimakasih atas jawabannya.wasallam

  2. Silahkan langsung dicoba hubungi no telpon nya saja mbak. Atau datang langsung ke lokasi supaya lebih jelas.

  3. asslkm. .
    saya udah kuliah msuk smstr2. .
    tp pgen nyantri d Taruna Al-Qur’an. .
    pgen bs hafiz qur’an. .
    msih bs nggak ya?
    trus prosedurnya gmn?

  4. Untuk keterangan lebih lengkap, silahkan hubungi no telepon nya saja mbak. Disini saya cuma menginformasikan saja kok.

    Kebetulan lokasi ponpes dekat dengan rumah ortu di jokja. Sekarang saya di jakarta. Mau nanya-nanya juga jauh :D

  5. apa bisa jd santri untuk hafiz bersamaan dengan kuliah

  6. asalamualaikum.wr.wb.
    alhamdulilah…..ana sangat senang bisa belajar di ma’ahad taruna Al-Qur’an disamping pelajarannya yang sangat bagus. sehingga bisa merubah yang awalnnya saya tidak tau dan sekarang menjadi tau tentang ilmu dan itu semua saya dapatkan ketika saya belajar di ma’had taruna Al-Qur’an. ..

    untuk ustad-ustad yang mengajar di taruna Al-Qur’an semoga selalu bisa mengamalkan ilmu yang telah ustad kuasai….

    untuk semuannya yang ada di taruna alhamdulilah kabar ana baik-baik saja….bagaimana kabar sebaliknya… hubungi ana yaa… ini no. ponsel ana (081280131754) calling-caling ana yahh….don’4get…. ana tunggu sms’nya ya wassalam..

    (teman ana gugum_karawang)

  7. aku pingin masuk sana donk gmn caranya

  8. Supaya lebih jelas, silahkan langsung di telepon saja mbak. itu sudah ada kok no telpon pesantrennya.

  9. wah…:)
    kalo bisa ada pengurus PP taruna AlQur’an di blog ni. maksudnya bisa tanya-tanya lewat blog ni… lebih interaktif, yang lain pun juga bisa tau :), karena banyak yang berminat.

  10. UNTUL PLAYGROP ATAU TK ADA PROGRAM TAHFIDZ NDAK

  11. bagaimana fasilitas belajar,?
    tenaga pengajar , siapa sajah yg mendapat bantuan husus ,,,,,,,,,,, dan tolong jelaskan program yang lain ditunggu bls nya, syukron, wallahu yuwafikuna bima fihi wayardlhohu wassalam

  12. kalau mau ke pondok I gimana ancer2nya kalo dari solo?

    • Untuk mencapai Pondok I, lebih enak ke Monumen Jokja Kembali dulu. Tanya-tanya saja, semua orang jokja pasti tahu :)

      Dari Monjali ke timur, setelah perempatan langsung ambil jalur lambat. Masuk di tikungan kiri pertama. Terus ke utara, kira-kira 500 meter sudah sampai Pondok di kanan jalan.

  13. mohon diinformasikan…pendaftaran untuk santri ato santriwati baru untuk tahun ajaran 2010-2011….
    kemudian…pa ada program ekselesasi bagi santriwan-wati yg berprestasi?
    jazakumulloh khoiron katsiro,,,

  14. Ass.Wr.Wb
    -saya ingn dftar dsni,dan tdak ingn dftar ke pndok pndok lain..apkah bsa 100% dtrima?
    skarang sya di SD…
    -sya dri klangan org yg eknomiY mnengah..bsakan?
    -40 org yg dtrima it ptra ptri sndri atau gbung?

  15. Saya, punya anak sulung kelas 6 sd. rencana mau masukkan anak saya ke asy syifa’ apakah sekolahnya sudah terakreditasi?

    berapa beaya perbulan? berapa tahun bisa hafal quran? Jazzakumulloh

  16. Assalamualaikum.
    Subhanallah, betapa hebatnya TARUNA ALQUR’AN. Hari gini masih ada sekolah gratis dan bermutu. Hebring betuuuul. Semoga akan banyak lagi sekolah-sekolah seperti TARUNA ALQUR’AN.

    Pak MENTRI pendidikan, jenengan juga bisa lho belajar bagaimana membuat sekolah gratis. Tidak cuma gratis SPP tapi gratis semuanya. Apa kagak malu tuh ama Ustadz yang hidupnya sangat bersahaja tapi amal ilmiahnya RUARRRR BIASA.

    Viva Ustadz Umar, selamat berjuang. La Takhaouf La Tahzan, Inna Allaha Ma ana.
    Wassalamualaikum.

    Anas Muttaqin
    Salatiga

  17. Memperkenalkan CD HADITS 9 IMAM

    BINGUNG CARI HADIS ??
    NGGAK BISA BAHASA ARAB ??
    NGGAK PUNYA / MALAS BUKA KITAB HADIS YG TEBEL 2X ??
    BUKA AJA CD HADIS KITAB 9 IMAM

    CARA BARU DAN MUDAH
    MENELUSURI PULUHAN RIBU HADIS RASULULLAH SAW

    Sekedar berbagi info terobosan hebat dan spektakuler dalam dakwah Islam di Indonesia. CD Hadis Kitab 9 Imam terlengkap dan Pertama di Indonesia. InsyaAllah CD ini dapat menjadi panduan sangat penting bagi:
    Siswa, Mahasiswa, Tholibul Ilmu, Guru/Dosen, Da`i dan Aktifis Dakwah, Penulis dan Editor, Sekolah/Madrasah, Yayasan Islam, Penerbit Buku Islam, Orang Umum sekali pun.

    Memuat lebih dari 62.000 hadis + Terjemahnya yang diambil dari kitab-kitab hadis Imam Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’i, Malik, Tirmizi, Ibnu Majah, dan Darimi.
    Dilengkapi dengan Rawi hadis dan identitas perawi hadis, Skema/bagan jalur sanad, Indeks hadis, Biografi 9 Imam hadis, Tuntunan Ilmu hadis, Takhrij dan Komparasi Hadis, Dapat mencari hadis sesuai dengan kata (metode searching), tema, ataupun bab.

    Contents:
    Lebih dari 60.000 hadits disertai data yang lengkap
    9 pilihan kitab Imam Hadis yang tersohor
    Data perawi hadis
    Sanad / jalan sampainya hadis
    Data hadis pendukung (Takhrij) & Komparasi Hadis
    Ilmu Hadis ringkas dan mudah

    Kitab-Kitab Hadis bernilai PULUHAN JUTA RUPIAH,
    kini hadir dengan format CD
    HANYA Rp. 150 RIBU
    (Belum termasuk ongkos kirim)
    HP.08122 791 8500

  18. Mancari guru tahfid (ustazah)
    Alamat

  19. Mencari Guru Tahfid Qur’an (Ustazah)
    SMP Darul Madinah Madiun
    Jl. Mulya Bhakti 23 Madiun

  20. Assl wr wb
    Di lembaga Kami membutuhkan Tanaga Pembina/pengasuh Tahfidz Apakah di Taruna Al Qur’an ada program pengiriman guru/pembimbing Tahfidz ? jika ada bagaimana prosedur permohonannnya ? sukron

    Mohon tanggapan / balasan di alamatkan : sltpdm@yahoo.co.id

    Wassl wr wb

  21. asslamualaikum…
    afwan, ana mw tanya…
    pa da kesempatan bagi mahasiswa yn mw tinggal di lingkungan pondok dgn kuliah di universitas luar. misalnya un yogyakarta…
    syukran,,,di tunggu balasannya…
    wassalamualaikum..

    • kalo ya harus tiggal di dalam pondok jadi pengasuh kalo sambil kuliyah saat ini kami belum siap meneriama sukron

  22. Assalamu’alaikum.wr.wb……
    Afwan, ana mau tanya….
    jika kita mau berkunjung ke Ponpes Taruna Al Qur’an bagaimana???
    kami berencana tgl 13 Juni 2010 berkunjung ke Ponpes Taruna Al Qur’an…….
    Syukron……
    kami tunggu balasannya….
    Wassalamu’alaikum wr.wb…….

  23. Kangen! Eric bahri khoirudin gofur dan ikhwan2 semuanya assalamualaikum saya kangen

  24. Assalamu’alaikum

    Maaf mau tanya tentang pesantren lansia pendaftarannya dimana? apa ada program khusus bulan ramadhan bulan depan? trimakasih

    Wassalmu’alaikum

  25. assalamu ‘alaikum wr wb,
    melalui tulisan ini sy ingin mencurahkan perasaan sy yang saat ini sedang menyesali mengapa dulu anak saya waktu dinyatakan diterima di hamalatul qur’an tidak mendaftar ulang, pdhl seandainya dulu mendaftar ulang alias sekarang nyantri disana Insya Allah dah hafal 2 juz dlm waktu 2 bulan, nah sekarang saya pesantrenkan di tempat lain juz ama aja mungkin blm hafal, tapi ya udah ini mungkin yang harus terjadi tapi saya sll berdoa mudah2an Allah selalu memberi jalan buat anak saya agar meskipun mondok di pesantren lain bisa menjadi seorang hafidz, tapi seandainya harapan itu sulit terwujud di pondok yang sekarang, tahun depan saya akan mencoba lagi mendaftarkan anak saya di hamalatul qur’an / taruna al qur’an, walau 1 tahun (“=”). Mohon do’a dari Antum dan para pembaca yang budiman
    wassalamu ‘alaikum wr wb

  26. Assalamualaikum ustad Umar,apa kabar? mau tanya untuk no rekening LAZ Taruna Quran,sdh berubah? mohon dikirimkan no rekening yang baru.Trm kasih.

  27. Assalaamu’alaikum…
    mau tanya di taruna Al-qur’an ada pondokkan untuk mahasiswa/mahasiswi nggak ya??…terima kasih.

  28. Assalaamu’alaikum…
    mau tanya, apa di Taruna Al-Qur’an ada tenaga pengajar/pengasuh yang bernama Yuliana Dewi, kalau ada boleh apa nggak kalau saya minta data/biografi dari Yuliana Dewi, masalahnya saya membutuhkan data tentang dia sebelum saya mengambil keputusan…Terima Kasih…HRD PT. MSC Group

  29. assalamualaikum,. saya mau tanya,., ustad fathoni sekarang jadi ke taruna gag ea????????

  30. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ustad mau tanya kapan mulai pendaftaran santri baru untuk tahun ajaran 2011/2012 ?
    dari hardi di semarang

  31. asalamuallaikum wr.wb.
    kalau daftarnya harusn tunggu pengumuman ya ustaz kalAU datang langsung gimana ustaz?dan kalau tidak sekolah gak pa-pa kan ?

  32. saya ingin tahu tentang apakah ada untuk umuran 40th saya ingin belajar iqro disana, berapa biayanya dipondok.

  33. assalamu’alaikum
    kapan pendaftaran santri baru tahun 2012-2013.?

  34. gimana ya sekarang tk-ku dulu?

  35. Infonya bagus, saya tunggu info yang lainnya terima kasih karena telah memberikan pengetahuan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: